Upwork Indonesia FAQ

upwork

Artikel ini merupakan rangkuman dari pertanyaan-jawaban yang sering muncul di grup Facebook Upworker Indonesia (sebelumnya Odesk Indonesia). Seiring dengan bertambahnya pertanyaan di grup tersebut, artikel ini juga akan terus saya perbaharui. Semoga membantu 🍻

Q: Profil saya ditolak. Bagaimana caranya supaya bisa diterima?
A: Jika Upwork belum menerima profil Anda, kemungkinannya adalah antara profil Anda belum merepresentasikan diri Anda dengan baik atau mereka belum mempunyai (cukup) pekerjaan untuk Anda. Lengkapi profil 100% (overview, project/portfolio, education/certification, experience, social media .dst), pilih kategori dan skill yang unik, pelajari skill yang unik dan banyak dicari di Upwork.

Q: Keahlian apa yang paling banyak dicari di Upwork?
A: Silahkan cek laporan yang dirilis Upwork secara berkala. Berdasarkan laporan terakhir saat artikel ini ditulis, 10 keahlian yang paling banyak dicari di Upwork adalah:

  1. .NET Core
  2. TypeScript
  3. Landing pages
  4. eBooks
  5. Android
  6. Electronic design
  7. Presentation
  8. Sketch
  9. Research
  10. Technical recruiter

Q: Bagaimana cara supaya proposal saya bisa tembus (diterima klien)?
A: Pastikan isi proposal singkat tapi menarik: usahakan 1-2 kalimat pertama itu dapat menunjukkan bahwa kita memahami betul apa yang diinginkan klien dan kita memiliki kemampuan untuk itu. Usahakan tidak menggunakan proposal yang terlalu umum/generik. Dan yang tidak kalah penting: usahakan kirim proposal secepat mungkin karena biasanya jika sudah menemukan proposal yang sesuai, klien akan mengabaikan yang masuk berikutnya (semakin banyak proposal yang masuk lebih dulu, semakin kecil kemungkinan proposal kita diterima)

Q: Saya submit hasil pekerjaan tapi tapi klien belum memberi kabar. Apa yang harus saya lakukan?
Untuk hourly contract, Upwork menyediakan hourly-contract protection sehingga selama klien memiliki verified billing method, dan tidak men-dispute hasil pekerjaan kita, pembayaran sesuai akan jam kerja (yang tercatat di Upwork tracker) dalam minggu ini pasti di jamin masuk ke akun kita minggu depan (bahkan ketika klien tidak membayar).

Sedangkan untuk fixed-price contract, Upwork menyediakan fixed-price protection, di mana setiap pekerjaan yang di-submit untuk milestone yang sudah funded (dibayarkan klien ke Upwork sebagai jaminan), pasti akan otomatis dibayar Upwork paling lambat dalam 14 hari. Tentu dengan asumsi klien tidak men-dispute.

Q: Status pembayaran saya PENDING. Kapan akan masuk ke balance saya?
A: Untuk hourly contract, pembayaran akan masuk ke balance Upwork dalam waktu 10 hari (jika tidak tidak ada masalah dengan klien). Sedangkan untuk fixed contract, pembayaran akan masuk 5 hari setelah klien menyetujui milestone Anda. Cek di sini untuk informasi lebih detail

Q: Saya ingin membeli Connect/Plus dengan cara transfer atau debit. Apakah bisa?
A: Bisa, tapi hanya kartu debit Jenius yang diterima. Jika tidak ada, pilihan Anda hanya menggunakan kartu kredit. Anda mungkin bisa membeli dan menggunakan balance Paypal tapi saya kurang menyarankan karena Paypal sering menganggap itu transaksi mencurigakan

Q: Cara penarikan uang (withdrawal) mana yang paling menguntungkan?
A: Sejauh ini Transferwise yang memberikan rupiah paling banyak. Alasan utamanya adalah kurs penukaran yang jauh lebih kompetitif dibanding Paypal atau direct wire transfer. Anda bisa menemukan banyak artikel tentang ini di internet. Oh ya, jika Anda mendaftar menggunakan referral link saya di atas, Anda akan mendapatkan gratis biaya transfer untuk £500 pertama 💸

Q: Bagaimana cara menambah Transferwise sebagai metode penarikan saldo?
A: Pertama, dapatkan akun bank Amerika Serikat (US) dari Transferwise: login ke Transferwise (atau daftar secara gratis), ajukan pembuatan Borderless Account (dibutuhkan deposit dana dan verifikasi dokumen), kemudian buka saldo (balance) USD. Setelah berhasil Anda akan memperoleh data akun bank US di antaranya: Account Holder, Routing Number dan Account Number. Setelah itu, tambahkan metode penarikan (withdrawal method) di Upwork: login ke Upwork, buka Settings > Get Paid > Add Method, pilih “Direct to U.S. Bank (USD)“, isikan data akun Bank US dari Transferwise (Account Holder, Routing Number and Account Number), pilih Account Type “Individual Checking“. Simpan dan tunggu sekitar 3 hari untuk verifikasi.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Lintang Sunu
7 months ago

Terima kasih informasinya gan. Saya sudah berhasil verifikasi dokumen di Transferwise dan selanjutnya diminta deposit dana, tetapi bank lokal tidak mendukung dan saya tidak memiliki kartu kredit. Apakah saya menggunakan VCC yang saya beli?

Lintang Sunu
7 months ago

Terima kasih Gan Yohanes. Selama ini saya selalu menerima pembayaran via PayPal, dan baru tahu kalau menerima pembayaran via Transferwise. Saya tahu rate Transferwise lebih tinggi dibandingkan PayPal karena ada klien langsung saya di Singapura yang membayar via Transferwise. Sekali lagi terima kasih informasinya ya, Gan. Berarti saya harus mengajukan rekening Genius. Sukses selalu Gan Yohanes.